Bahas Tuntas Analisis Fundamental Trading Crypto

xclose-up-of-mature-business-woman-working-on-Y72JXKG.jpg.pagespeed.ic.AD2W8tbeAX.jpg

Dua metode analisis tersebut paling banyak digunakan traders saat akan melakukan trading mata uang kripto. Analisis teknikal dan fundamental digunakan untuk memprediksi dan mengevaluasi pergerakan harga cryptocurrency. Jadi, kamu bisa menganalisa kemana harga mata uang kripto akan bergerak, apakah mengalami kenaikan atau justru menurun.

Terus, apa bedanya analisis teknikal dengan analisis fundamental? Sederhana, analisis teknikal adalah analisis yang dilakukan dengan melihat pola grafik atau chart pergerakan harga yang bertujuan pada analisis tren harga. Sedangkan analisis fundamental ialah penentuan harga wajar atau fair value yang akan dibandingkan dengan harga pasar (market price).

Lalu, bagaimana cara kerja dari dua teknik analisis itu? Untuk menjawab rasa ingin tahu kamu, Gopax Indonesia akan membahasnya satu per satu. Tapi, sebelumnya, ketahui dulu perbedaan antara trading saham dengan trading crypto berikut ini ya.

Bagaimana Spesifikasi Trading Saham?

Apakah trading kripto sama dengan trading saham? Apa saja perbedaan dari masing-masing instrumen investasi tersebut? Berikut spesifikasi trading saham dan coba kamu bandingkan dengan trading kripto ya.

Trading Saham

  • Yang diperdagangkan adalah saham perusahaan
  • Proses jual-beli hanya bisa dilakukan pada waktu 7 (jam) x 5 hari kerja
  • Cara kerja trading saham yakni beli saat harga murah, dan jual saat harga tinggi
  • Jenis perdagangan saham yakni berupa investasi dan trading
  • Sama dengan trading crypto, trading saham juga menggunakan metode analisis teknikal dan fundamental
  • Keamanan trading saham terbilang sangat aman, namun tergantung dengan sekuritas
  • Tidak terkoneksi antar negara
  • Pergerakan harga terbilang relatif lebih lambat
  • Biaya transaksi sebesar 0,2% – 0,3%
  • Pendaftara trading saham terbilang sulit dan butuh waktu 3 hari untuk trading

Bagaimana Spesifikasi Trading Cryptocurrency?

Nah, kamu sudah tahu spesifikasi dari trading saham, ‘kan? Sekarang tinggal kamu bandingkan perbedaan trading dari kedua instrumen investasi tersebut.

Trading Cryptocurrency

  • Yang diperdagangkan adalah cryptocurrency alias mata uang kripto, seperti Bitcoin, Ethereum, EOS, dan sebagainya.
  • Proses jual – beli mata uang kripto dilakukan secara online dan berlaku 24 jam tanpa ada hari libur dan tidak hanya beroperasi di hari kerja. Kapanpun dan dimanapun kamu bisa jual/beli.
  • Sama dengan saham, cara kerja trading crypto yakni beli saat harga murah, dan jual saat harga tinggi
  • Jenis perdagangan crypto yakni berupa investasi dan trading
  • Trading crypto juga menggunakan metode analisis teknikal dan fundamental
  • Keamanan trading crypto juga sangat aman, tergantung dengan bursa
  • Trading crypto terkoneksi antar negara
  • Pergerakan harga mata uang kripto sangat cepat
  • Biaya transaksi crypto berkisar antara 0% – 0,3%
  • Cara mendaftar mudah, dan traders bisa langsung melakukan trading

Apa Itu Analisis Fundamental?

Saat proses trading crypto, setiap traders punya strateginya masing-masing. Ada yang menggunakan analisis teknikal, ada juga yang lebih memilih analisis fundamental. Intinya sama, kedua analisis itu menjadi alat bantu dalam setiap pengambilan keputusan. Lalu, apa yang dimaksud dengan analisis fundamental? Menurut investopedia, analisis fundamental ialah metode untuk mengukur nilai intrinsik.

Apa itu nilai intrinsik? Nilai intrinsik adalah nilai sebenarnya dari suatu perusahaan. Di dunia trading saham, nilai intrinsik diukur dari analisa laporan keuangan perusahaan, aset perusahaan dan lainnya. Sedangkan di dunia crypto, nilai intrinsik diukur dari berbagai aspek, misalnya, apakah coin kripto itu punya market capacity yang baik, development oleh team yang handal, dan dapat dukungan dari community?

Sederhananya, analisis fundamental adalah teknik analisis yang digunakan para trader untuk memprediksi pergerakan harga cryptocurrency. Caranya? Dengan mempelajari semua informasi finansial terkait aset digital dan teknologi di belakangnya. Mulai dari mencari berita terbaru, nilai intrinsik, pendapat para ahli, karakteristik koin crypto, serta kualitas dan prospek teknologi yang dimiliki.

Faktor-Faktor Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Jika kamu ingin menerapkan teknik analisis fundamental, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Apa saja? Simak di bawah ini ya.

  • Jumlah Suplai/Penawaran
    Kamu perlu tahu penawaran atau jumlah supply dari mata uang kripto yang ingin dianalisis. Jumlah supply adalah total koin mata uang kripto yang disediakan oleh sistem cryptocurrency. Misalnya, koin Bitcoin memiliki total supply sebanyak 21 juta koin, koin Ethereum yang tidak memiliki batas jumlah tertentu, dan lainnya.
  • Jumlah Permintaan
    Jumlah permintaan adalah daya serap pasar terhadap koin-koin kripto yang telah beredar. Artinya, kamu perlu menganalisa seberapa besar minat dan antusias pasar terhadap koin kripto itu. Seperti jumlah permintaan pasar terhadap mata uang kripto Bitcoin atau Ethereum yang terus meningkat.
  • Jumlah dan volume transaksi cryptocurrency
    Untuk memudahkan saat menganalisa, kamu bisa melihat situs Coinmarketcap untuk mengetahui jumlah dan volume transaksi suatu cryptocurrency.
  • Utilitas jaringan
    Kamu juga perlu mengetahui berapa biaya per transaksi dari sebuah cryptocurrency. Semakin murah, maka akan semakin banyak diminati para pelaku bisnis kripto, bukan?
  • Kesehatan jaringan
    Sangat penting untuk mengetahui jangka waktu konfirmasi sebuah transaksi. Apakah konfirmasi berjalan cepat atau butuh waktu yang cukup lama?
  • Level adopsi sebuah mata uang kripto
    Kamu juga harus mengetahui apakah cryptocurrency tersebut mudah ditemukan dan dapat dibeli dalam pasar besar? Apakah kirpto tersebut mendapat dukungan vendor?
  • Peristiwa Besar
    Selain itu, kamu juga patut mengikuti perkembangan peristiwa terbaru yang terjadi di dunia cryptocurrency. Mulai dari berita peningkatan jaringan cryptocurrency hingga peristiwa besar seperti terjadinya hacking pasar cryptocurrency.

Penerapan Analisis Fundamental

Untuk memudahkan dalam menganalisis trading crypto, kamu bisa berkunjung ke situs coinmarketcap. Klik mata uang kripto yang ingin dianalisis dan perhatikan beberapa informasi di bagian kiri atas untuk kamu analisa. Mulai dari website resmi, pengumuman, penjelajah, papan pesan, chat, pasar, dan sosial.

  1. Website resmi
    Klik website, dan kamu bisa mulai melakukan analisa sederhana. Pertama, lihat team dari crypto itu, apakah teamnya berpengalaman dan berkompeten? Apakah anggota timnya punya media sosial? Apakah media sosialnya asli?
    Selanjutnya, kamu perlu mengecek apakah koin ini memiliki whitepaper? Siapakah partner dan investornya? Apakah punya roadmap yang jelas? Bagaimana desain web-nya? Apakah pernah diliput media?
  2. Pengumuman (Announcement)
    Di bagian ini, kamu bisa menemukan penjelasan lengkap terkait koin. Tapi, yang perlu diperhatikan adalah pandangan komunitas terhadap mata uang kripto ini. Kamu perlu melihat beberapa komentar, perhatikan apakah komentar tersebut positif? Apakah developer koin tersebut ingin memecahkan suatu persoalan?
  3. Penjelajah (Explorer)
    Di bagian ini, kamu akan menemukan data terkait jumlah koin yang saat ini beredar, ada berapa banyak pemegang koin, serta transaksi yang sudah terjadi. Bagian explorer juga bisa membantu kamu menganalisa, apakah sirkulasi koin ini dimonopoli oleh kelompok tertentu atau tidak.
  4. Kolom informasi (Message Board)
    Lewat kolom informasi ini, kamu bisa melihat seberapa aktif developer koin dalam mengerjakan proyeknya. Perhatikan, apakah developer aktif memberikan pengumuman seputar perkembangan koin?
  5. Chat
    Di bagian chat ini kamu perlu memperhatikan beberapa hal, seperti apakah anggota grup chat koin ini besar? Apakah grup ini aktif? Apakah developer koin interaktif merespon pertanyaan di grup?
  6. Pasar (Market)
    Pada bagian market, yang perlu kamu analisa adalah apakah koin ini sudah sudah masuk di exchange yang volume transaksinya besar? Apakah jumlah pair koin tersebut diperdagangkan besar?
  7. Sosial Media
    Bagian ini juga cukup penting karena menjadi media pemasaran koin. Perhatikan, apakah sosial media tersebut punya followers yang banyak? Apakah followers mengalami peningkatan?

Ternyata, analisis fundamental cukup panjang juga, ya? Terus, bagaimana dengan analisis teknikal? Tunggu ulasannya pada artikel berikutnya ya.

  • 4
Block
Add Reply
Feedback |
expand

Hello

Add Reply
expand

Support

Add Reply
expand

hi!

Add Reply
expand

supprting! blush

Add Reply
expand
You should login to reply
You will reward to {{ username }}

Available Balance: {{balance}}

≈ $ {{usdtAmount.toFixed(2)}} (The reward commission rate is 10.0%)

New Favorite Bag

Add To Favorite You can create multiple favorites and classify the topics. Please select the favorites you want to add.
{{ favoriteBag.title }} {{ favoriteBag.favorites_count }}Topics

{{ text }} OK
fa-bars fa-arrow-up